Berita

Lomba Pokdarwis Tingkat Kabupaten Bantul

Rabu Kliwon, 30 Januari 2019 13:54 WIB 80

foto

Bantul, Selasa 29 Januari 2019

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Tahun 2019 mengadakan lomba Pokdarwis Tingkat Kabupaten Bantul, diikuti oleh tiga pokdarwis yang lolos seleksi dari prosesi tahapan lomba sebelumnya. Tiga Pokdarwis tersebut adalah Pokdarwis Desa Mangir, Pokdarwis Desa Mangunan, dan Pokdarwis Desa Muntuk. Ketiga desa tersebut telah menyingkirkan perwakilan Pokdarwis dari desa lainnya.  Penilaian dilaksanakan di masing- masing tempat sekretariat Pokdarwis Desa tersebut.

Desa Mangir mendapat kesempatan pertama,  dinilai oleh Ir. Joko Kuntoro (ASITA DIY), Imam Widodo (HPI DIY), Henry Bramantya S.Ant (PUSPAR UGM), serta Nur Ahmadi (Forkom Pokdarwis Bantul),  Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, hadir langsung untuk mengikuti penjurian bersama Sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Bantul beserta Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kab. Bantul dan jajarannya.  Penilaian dilanjutkan ke Desa Mangunan lalu Desa Muntuk Dlingo.

Kriteria penilaian lomba antar Pokdarwis tersebut adalah dari sisi Administrasi yang meliputi Struktur Organisasi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Aturan Organisasi, Kegiatan Rutin, Buku Keuangan/Kas, dan Catatan Kunjungan Wisatawan. Implementasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona, serta Rencana Kerja Pokdarwis juga menjadi poin penilaian. 

Penjurian berlangsung dari Pukul 09.00 WIB diawali dari Pokdarwis Desa Mangir, Pajangan, dilanjutkan ke perwakilan kecamatan Dlingo yaitu desa Mangunan dan Muntuk. Seluruh rangkaian acara lomba berjalan lancar, tertib dan sukses. Pemenang Lomba Pokdarwis tersebut akan mewakili Kabupaten Bantul ke Lomba Pokdarwis Tingkat D.I Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2019.