Berita

Kunjungan Anggota DPRD Komisi III Kabupaten Ogan Komering Ulu

Senin Pon, 28 Januari 2019 13:52 WIB 49

foto

Dinas Pariwisata Bantul, mendapat kunjungan dari Anggota DPRD Komisi III Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, pada hari Kamis, 24 Januari 2019.  Maksud dan tujuan kunjungan Anggota DPRD Komisi III Kabupaten OKU tersebut adalah dalam rangka studi banding terkait masalah pengembangan daya tarik potensi objek wisata. Pihak DPRD Kab. OKU menyampaikan sebenarnya potensi wisata yang ada di OKU tidak kalah dengan Bantul,  tetapi sampai saat ini perkembangan pariwisata disana masih belum sebaik Bantul.  Pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pariwisata Bantul untuk mengetahui strategi apa saja yang sudah diterapkan oleh Pemkab Bantul.
Ni Nyoman Yudiriani, SET selaku Kepala Bidang Pemasaran  menyampaikan bahwa ada 3A  yang perlu disiapkan dalam membangun destinasi wisata agar menjadi lebih diminati, 3 A tersebut yaitu: Amenitas, Aksesibilitas dan Atraksi. Amenitas itu meliputi sarana prasarana seperti kamar mandi tempat parkir dan warung makan harus tersedia dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Aksesibilitas adalah ketersediaan infrastruktur seperti jalan, penerangan dan sarana transportasi yang menuju ke obyek wisata harus memadai. Atraksi adalah produk utama sebuah destinasi yang berkaitan dengan: Apa yang bisa dilihat, dinikmati dan dilakukan oleh wisatawan di destinasi tersebut. Selain itu Dinas juga berperan dalam melakukan pembinaan terhadap para pelaku-pelaku wisata guna mensosialisasikan pentingnya Sapta Pesona dalam mengelola obyek wisata. Dinas juga bekerjasama dengan berbagai pihak lain seperti HPI, ASITA, PHRI dan menerima CSR dari pihak swasta. 
Antoni Hutagaol,ST, MT selaku Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menambahkan bahwa potensi desa wisata yang ada di Bantul ini mempunyai beragam keunikan dan budaya, yang menjadi tarik tersendiri bagi para wisatawan. Disamping itu Antoni juga menambahkan bahwa salah satu desa wisata yang di dampingi oleh Dinas mendapat juara satu nasional dalam perlombaan desa wisata. Karena mendapat juara satu tersebut banyak pihak yang melirik dan mencari tahu kiat-kiat pengelolaan desa wisata tersebut.   
Kepala Dinas Periwisata Kab. Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos juga menyampaikan, perlu adanya sinergi antar berbagai OPD untuk mendukung kemajuan dalam sektor pariwisata. Untuk saat ini sektor pariwisata menjadi salah satu penyokong pendapatan daerah yang cukup besar. Dari tahun 2016 – 2018 pendapatan sektor pariwisata meningkat . Pertambahan pendapatan yg berasal dari peningkatan jumlah kunjungan ini juga meningkatkan ekonomi para pelaku usaha yang ada di daerah wisata.
Anggota DPRD komisi III Kabupaten OKU sangat antusias dengan penjelasan yang diberikan oleh Kepala Dinas, Kepala Bidang Pemasaran dan Kepala Bidang Pengembangan Kapasita Pariwisata Kabupaten Bantul. Mereka berharap penjelasan yang diberikan dapat menjadi bahan untuk mengembangakan pariwisata di Kabupaten OKU.