Berita

Perwakilan Jurnalis dan KJRI Jeddah siap promosikan potensi Bantul kepada masyarakat Arab Saudi

Senin Legi, 17 Desember 2018 11:30 WIB 144

foto

Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih berkesempatan menerima kunjungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah dan para jurnalis dari Arab Saudi di Ros In Hotel pada Rabu, 12 Desember 2018 malam. Dalam kunjungan ini, pihak KJRI sengaja membawa para awak media agar mereka mewartakan segala potensi Kabupaten Bantul khususnya sektor budaya dan pariwisata, termasuk juga produk unggulan seperti gerabah dan batik.

Pada kesempatan tersebut, Ahmad Sofyan selaku Konsulat Penerangan Sosial Budaya KJRI Jeddah mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah fokus mempromosikan ekonomi dan pariwisata Indonesia kepada publik Arab Saudi, termasuk diantaranya melalui media sosial. Dijelaskan pula bahwa masyarakat Arab Saudi memiliki karakter yang unik dimana mereka akan tertarik pada sesuatu dari sumber lisan atau dari orang yang pernah menyaksikan secara langsung.

Jurnalis Jeddah yang ikut dalam rombongan diantaranya Mahmoud Adnan R. Ujaimi (Social Media Activist), Nizar Zhaim Ali ( Iqro TV), Ahmed Ali Al Zehrani (Regional Manager of Arab Tourism Magazine), Bakheet Mohammed Al Zahrani ( Journalist Eshraqlife.net dan Albilad Daily).

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bantul bersama beberapa dinas terkait mengajak rombongan untuk berkunjung ke sentra kerajinan serta  destinasi wisata seperti Kasongan, Krebet, Wukirsari, Pleret hingga Mangunan selama kurang lebih dua hari agar mereka dapat mengetahui secara langsung proses pembuatan kerajinan yang ada.

Dalam setiap kunjungan yang terselenggara sejak Kamis (13/12) hingga Sabtu (15/12) tersebut, para tamu berkesempatan untuk turut serta mencoba membuat kerajinan yang ada seperti gerabah, peci rajut, membatik bahkan ikut turun ke sawah untuk panen bawang merah serta bercocok tanam padi, dimana hal tersebut tentunya menjadi suatu pengalaman yang tidak pernah mereka jumpai di tanah Arab.