Berita

Kerajinan Bambu Munthuk Dlingo raih penghargaan sebagai cinderamata terpopuler Anugerah Pesona Indonesia 2018

Rabu Pahing, 28 November 2018 14:14 WIB 122

foto
Penyerahan Award Anugerah Pesona Indonesia 2018 Kategori Cinderamata Terpopuler

Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI  sebagai ajang apresiasi kepada Obyek dan Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia kembali digelar untuk ketiga kalinya. Acara ini diadakan di Grand Sahid Jaya, Jakarta pada hari Kamis (22/11/2018) malam.

Pada perhelatan ini, Kabupaten Bantul berhasil meraih Juara 2 Cinderamata Terpopuler untuk Kerajinan Bambu Munthuk Dlingo. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, I Gede Pitana.

Dalam sambutannya, I Gede Pitana mengatakan bahwa kompetisi penghargaan ini bagus untuk memperkenalkan berbagai daerah yang belum terkenal. API juga diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi pariwisata Indonesia serta turut berperan dalam mempromosikan destinasi yang ada di Indonesia. Sehingga pasca kompetisi penghargaan pariwisata ini, akan berdampak pada kunjungan wisatawan ke daerah-daerah tersebut.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara API, Hiro Kristianto, melaporkan bahwa dalam sisi publikasi dan pemberitaan pada tahun ini terjadi peningkatan pemberitaan yang cukup signifikan. Panitia Penyelenggara mencatat terdapat 7,68 juta tautan, 4,21 juta pemberitaan dan diperkirakan lebih dari 15 juta posting dan share di media sosial. Hal ini tentunya berdampak positif bagi promosi Pariwisata Indonesia baik di dalam negeri maupun mancanegara.