Berita

SAKA PARIWISATA SEBAGAI GARDA DEPAN KAMPANYE SADAR WISATA

Kamis Legi, 13 September 2018 10:03 WIB 153

foto
Pengukuhan dan Pelantikan Dewan Saka Pariwisata Cabang Bantul Masa Bhakti 2018 – 2020

Peranan Pramuka sangat diharapkan dalam membangun dan mendukung pembangunan pariwisata. Dukungan diwujudkan dalam wadah Satuan Karya Pramuka Pariwisata (Saka Pariwisata). Anggota Pramuka Satuan Karya (Saka) Pariwisata diminta ikut membantu promosi pariwisata di daerah. Saka Pariwisata juga diharapkan ikut mendukung kampanye Sapta Pesona dan  Sadar Wisata khususnya di kalangan generasi muda dan anggota pramuka pada umumnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos yang sekaligus sebagai Pelindung Pengurus Pimpinan Saka Pariwisata Tingkat Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bantul pada momentum Temu Saka Pariwisata sekaligus Pengukuhan dan Pelantikan Dewan Saka Pariwisata Cabang Bantul Masa Bhakti 2018 – 2020 pada Rabu (12/09) di Homestay Tembi dalam sambutannya mengatakan bahwa bekal pengetahuan tentang kepramukaan, kepariwisataan dan Sapta Pesona Sadar Wisata hendaknya dapat dijadikan pegangan para pengurus dan anggota Saka Pariwisata untuk ikut memajukan pariwisata di Kabupaten Bantul.

Temu Saka Pariwisata pada kesempatan ini menghadirkan perwakilan anggota Pramuka pelajar dari SMK Pariwisata Bantul, SMK Nasional Bantul, SMK Negeri 1 Sewon serta SMA Pangudi Luhur Bantul.

Sementara itu, Ketua Saka Pariwisata Cabang Bantul, Dra. Annihayah, M.Eng usai melantik meminta kepada seluruh anggota untuk ikut membantu promosi pariwisata. Nantinya mereka menjadi pasukan terdepan untuk sadar wisata. Saka Pariwisata merupakan wadah pendidikan bagi anggota Pramuka, agar dapat membina dan mengembangkan keterampilan di bidang pariwisata. 

Adapun keterampilan akan meliputi krida penyuluh pariwisata, krida pemanduan wisata, dan krida kuliner wisata. Ketiga hal ini diharapkan dapat mendukung dan ikut menyukseskan program Sadar Wisata yang berprinsip pada Sapta Pesona, yakni aman, tertib, bersih, ramah, sejuk, indah, dan kenangan.