Berita

Peninjauan Lapangan Apresiasi Usaha Masyarakat Bidang Pariwisata tahun 2018 di Kabupaten Bantul

Ahad Kliwon, 2 September 2018 23:16 WIB 251

foto
Tim Juri sangat antusias untuk membatik kayu di Desa Wisata Krebet

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta beberapa waktu silam telah berhasil memilih desa wisata terbaik yang dianggap berhasil dalam menerapkan prinsip-prinsip Community Based Tourism (CBT) dan Homestay. Untuk Kabupaten Bantul sendiri, nominasi terpilih untuk kategori CBT Desa Wisata yaitu Desa Wisata Krebet Binangun Sendangsari Pajangan serta Kategori Homestay yaitu Homestay Rejo dan Homestay Nara Mangunan Dlingo.

Menindaklanjuti hasil seleksi Administrasi tersebut, pada Sabtu (1/09) Dewan Juri didampingi Kementerian Pariwisata berkesempatan untuk melaksanakan peninjauan dan penilaian di ketiga lokasi tersebut.

Dalam penilaian itu terdapat beberapa juri diantaranya Titien Soekarya, Nengah Moneng dan Nani Sumaryati. Sementara dari Kementerian Pariwisata hadir Frianty Kartika Widhi dan Agung Rizqi Prima.

Penilaian sengaja  mengacu pada standar CBT ASEAN.  Sehingga kedepan diharapkan  mampu untuk bersaing secara global. Oleh karena itu peserta memang dituntut untuk benar-benar mempersiapkan sesuai ketentuan. Beberapa aspek penilaian mendasar diantaranya, kepemilikan legalitas lembaga serta keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan desa wisata tersebut. Selain fokus pada  pengoptimalan  potensi wisata baik seni, budaya dan alam. Pengelola juga harus punya komitmen menjaga bangunan homestay tidak keluar dari nilai-nilai tradisi.