Berita

DIKUNJUNGI MENTERI PARIWISATA, MENJADIKAN SENJA DI KAKILANGIT SEMAKIN ISTIMEWA

Rabu Pon, 1 Agustus 2018 10:30 WIB 122

foto
"Jagongan Destinasi Digital" bersama Menteri Pariwisata RI di Kaki Langit Mangunan Dlingo

Wisata Mangunan terus berbenah, termasuk diantaranya adalah kawasan wisata Kakilangit Mangunan yang saat ini telah menjadi salah satu destinasi digital Indonesia bahkan telah berhasil memperoleh penghargaan sebagai destinasi desa wisata paling populer di Indonesia.

Pasar Kakilangit yang dikenal dengan sebutan Pasar Semi ( Setu Minggu) semakin istimewa ketika Selasa, 31 Juli 2018, Menteri Pariwisata RI, Dr. Ir. Arief Yahya, MSc menyempatkan untuk hadir menikmati suasana senja di kawasan ini. Bahkan dalam  “Jagongan Destinasi Digital” Menteri tampak begitu akrab dengan para pengunjung, termasuk diantaranya Generasi Pesona Indonesia (Genpi).

Dalam kunjunganya, Menteri Pariwisata didampingi langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo serta artis cantik ibukota Yuki Kato. Suasana juga semakin meriah ketika kesenian karawitan dan gejog lesung mulai dimainkan. Kesenian tersebut dimainkan langsung oleh penduduk setempat dan nampak Menpar ikut menari bersama penari anak-anak. Keroncong Sorlem dari Komunitas Kerontjong Muda pun juga ikut menyemarakkan acara dengan permainan langgam keroncong asli serta langgam keroncong pop kekinian.

Dalam jagongan tersebut, Menpar menyampaikan bahwa pariwisata adalah Industri yang paling murah dan mudah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Menpar juga berpesan kepada Genpi dan pengelola pasar kaki langit agar destinasi semacam ini benar-benar dikelola secara baik sehingga mampu memberikan dampak kepada masyarakat. Destinasi wisata digital dikembangkan Kementerian Pariwisata sesuai dengan tuntutan zaman. Dan era digital seperti saat sekarang inilah menjadi momentum untuk menarik wisatawan khususnya generasi milenial.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut Menpar tampak begitu menikmati suasana serta sajian khas makanan tradisional, memainkan gejog lesung serta menabur benih ikan di kolam Kaki Langit.