Berita

BERBURU BATIK NAN EKSOTIK DI KAKI GUNUNG WUKIRSARI

Kamis Pon, 18 Januari 2018 09:35 WIB 396

foto
Salah satu sudut koleksi batik di Galery Kampung Batik Giriloyo

Pasca pencanangan Batik sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 silam seolah membawa sinar baru yangmembuat batik kembali bersinar.

Kekhasan dan eksotisme batik salah satunya terpancar dari salah satu sudut desa yang berada di kaki gunung kawasan Wukirsari Imogiri.  Ya, Kampung Wisata Batik Giriloyo Wukirsari Imogiri akan memanjakan Anda yang senang berburu kain tradisional Batik, khususnya Batik Tulis. Bisa dibilang bahwasanya Kampung Wisata Batik Giriloyo yang terdiri dari 3 dusun yakni Dusun Karang Kulon, Giriloyo, dan Cengkehan ini merupakan sentra batik tulis terbesar di tenggara Yogyakarta.

Di kampung yang sudah menekuni batik sejak abad 17 silam dan diwariskan secara turun temurun, saat ini sudah terbentuk sekitar 12 kelompok pembatik. Dan yang special di kampung ini, Batik tulis diciptakan dengan pewarna alam sehingga terlihat lebih cantik, unik dan eksotik.

Di kampung ini pun para wisatawan tidak hanya sekedar berwisata atau berbelanja. Wisatawan bisa belajar dan mengenal lebih dekat tentang kekayaan warisan nenek moyang ini. Dan bahkan wisatawan juga dapat tinggal lebih lama di homestay yang tersedia untuk memperdalam segala sesuatunya tentang batik di kampung ini.(RAN)