Berita

MENYUSURI “SUNGAI AMAZON” ALA BANTUL

Rabu Pahing, 17 Januari 2018 19:39 WIB 2977

foto
Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Ibu Ni Nyoman Yudiriani, SET beserta jajaran menikmati keindahan sepanjang Kali Opak yang melintasi kawasan Kecamatan Pleret Bantul

Pariwisata Bantul terus tumbuh dan berbenah dan terbukti sektor ini mampu mendorong pertumbuhan perekonomian melalui peluang investasi, peluang kerja, peluang berusaha dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan prasyarat agar sektor pariwisata itu dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat adalah dengan keterlibatan masyarakat setempat dalam mengembangkan potensi wisata yang ada.

Salah satunya adalah Taman Glugut yang berlokasi di Jl. Imogiri Timur, Dusun Wonokromo I, Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta atau sekitar 15 menit arah selatan dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Dinamakan Taman Glugut karena objek wisata ini terletak di tengah perkebunan bambu, dimana “glugut” sendiri bagi masyarakat jawa identik dengan bulu-bulu yang menempel di batang pohon bambu. Destinasi yang belum genap sebulan ini menawarkan wahana air bagi para wisatawan dan sangat cocok bagi wisatawan yang mendambakan suasana alam yang tenang.

Pengunjung dapat menikmati serunya mandi di sungai dengan cara melompat dari sebuah pohon. Di lokasi ini pula, wisatawan dapat menikmati wahana perahu gethek (perahu yang terbuat dari bambu), yang sekaligus dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana penghubung dua wilayah yakni Wonokromo Pleret dengan Karangwuni Trimulyo Jetis. Perahu gethek di lokasi ini sebenarnya pernah ada puluhan tahun yang lalu, namun seiring perkembangan jaman perahu gethek mulai menghilang. Dan saat ini, masyarakat setempat menghidupkan kembali perahu gethek tersebut untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Disamping itu, dengan cukup merogoh kocek Rp 5000,- per orang, para wisatawan akan diajak menyusuri Kali Opak dan melintasi “Tempuran” (pertemuan dua sungai –red) dengan salah satu anak sungainya, yakni Kali Gajah Wong. Meskipun air Sungai Opak terlihat tidak begitu bening, tetapi tidak berarti sangat tercemar karena makhluk hidup yang tinggal di sungai tersebut lumayan banyak dan bervariasi.

Jika Anda seorang wisatawan yang sekarang sedang berada di Yogyakarta khususnya Bantul, jangan lupa mampir untuk menikmati keindahan Sungai Amazon ala Kali Opak yang melintasi wilayah Pleret Bantul ini. (Ran)