Berita

WORKSHOP PENGEMBANGAN SDM DAN PENGUATAN KELEMBAGAAN POKDARWIS/DESA WISATA

Rabu Legi, 22 November 2017 09:46 WIB 161

foto

Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) merupakan salah satu organisasi yang berbasis masyarakat  yang dapat membantu Pemerintah dalam melakukan sosialisasi dan  implementasi unsur - unsur sapta pesona dalam kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Bantul. Dengan adanya kesadaran tentang peran Pokdarwis dalam kelangsungan kegiatan kepariwisataan tersebut maka pemerintah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kegiatan Pokdarwis di lingkungannya masing-masing. Beberapa hal yang dilakukan oleh pemerintah antara lain : melakukan lomba kelompok sadar wisata, pembinaan dan penyuluhan kelompok sadar wisata, pelatihan SDM pariwisata di tingkat Pokdarwis, dan lain-lain.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul telah melakukan koordinasi serta melaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan SDM dan Penguatan Kelembagaan Pokdarwis/Desa yang dilaksanakan di Rumah Budaya Tembi pada tanggal 22 November 2017. Beberapa Narasumber diantaranya adalah Plt. Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Staf Ahli Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan kabupaten Bantul, Prof. dr. Siswantoyo, M.kes dari LPPM UNY, Drs. Bobby Aryanto Setya Ajie dari Asita. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta antara lain kelompok sadar wisata/Desa Wisata Bantul.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul memberikan arahan agar menginventarisir pokdarwis yang ada dengan maksud menjadikan satu desa hanya ada satu pokdarwis sehingga memudahkan dalam koordinasi dan terwujudnya sinergisitas yang baik. Workshop ini diharapkan dapat menjadi  upaya penguatan kapasitas, peran inisiatif masyarakat sebagai subjek maupun penerima manfaat dalam pengembangan kepariwistaan berkelanjutan. Pokdarwis merupakan kelembagaan masyarakat pelaku kepariwisataan yang berperan besar mendukung terciptanya iklim kondusif bagi pertumbuhan pariwisata. Selain itu, Pokdarwis berkontribusi dalam terwujudnya SAPTA PESONA dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan.