Berita

UPACARA ADAT RABU PUNGKASAN

Selasa Pon, 14 November 2017 21:50 WIB 281

foto

Upacara adat Rebo Pungkasan di Desa Wonokromo, Pleret, Bantul diadakan secara rutin setahun sekali yakni pada hari Selasa (malam Rabu) di minggu terakhir bulan Sapar. Dipilihnya hari tersebut dikaitkan dengan pertemuannya Sultan Agung dengan Kyai Faqih pada hari itu dan bulannya Sapar minggu yang terakhir.

Untuk tahun ini puncak acara Rebo Pungkasan telah berlangsung hari selasa, 14 November 2017 pukul 19.30 WIB dengan prosesi Kirab Lemper Agung (Lemper Raksasa) dari Masjid Al Huda Karanganom, Wonokromo diarak sejauh 2 km melalui Jl. Imogiri Timur  menuju Balai Desa Wonokromo.

Kirab tersebut diawali oleh Prajurit Kraton, Bregodo Kyai Tanjung Anom, selanjutnya Lemper Agung berukuran panjang 2,5 m dengan diameter 45 cm, Gunungan yang merupakan hasil bumi kemudian diikuti barisan Sembrani, barisan Srikandi serta arak-arakan 7 Kereta Kuda (Andong) dan disaksikan oleh warga masyarakat yang memadati sepajang rute.

Dalam sambutannya Bupati Bantul sangat mengapresiasi terhadap warga desa yang masih melestarikan tradisi ini. Selanjutnya Bapak Bupati Bantul memotong "lemper" berukuran jumbo untuk dibagi-bagikan kepada warga masyarakat.