Berita

Lomba Desa Wisata Tingkat Nasional 2016

Selasa Wage, 11 Oktober 2016 10:54 WIB 941

foto
Wakil Bupati Bantul sedang menanggapi tim juri Lomba Desa Wisata Tingkat Nasional di salah satu showroom di Desa Wisata Wukirsari, Imogiri

Pada hari Rabu, tanggal 5 Oktober 2016 Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Bantul mendampingi Tim Juri Lomba Desa Wisata Tingkat Nasional bertempat di Gasebo Desa Wisata Wukirsari, Imogiri. Dalam kesempatan ini tim juri disambut oleh Wakil Bupati Bantul, Asisten Perekonomian & Pembangunan Setda Bantul, wakil kecamatan Imogiri serta pengelola Desa Wisata Wukirsari, Imogiri. Susunan acara yang dilaksanakan  yaitu pembukaan, sambutan wakil bupati Bantul, Sambutan Tim Juri, Presentasi Pengelola Desa Wisata, Diskusi/tanya jawab dilanjutkan peninjauan lapangan.

 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bantul, Bapak H. Abdul Halim Muslih, beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan tim juri dari Kemenpar RI. Setelah memberikan informasi sekilas tentang Kabupaten Bantul khususnya Desa Wisata Wukirsari, beliau tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Kementrian RI yang selama ini telah memberikan pembinaan, dukungan serta monitoring & evaluasi seperti yang dilaksanakan pada kesempatan ini.  

 

Sambutan dari pimpinan rombongan tim juri yang diwakili oleh Bapak Bakri. Beliau mengucapkan terimakasih dan bangga atas penyambutan dan perkembangan Desa Wisata Wukirsari. Beliau menyampaikan bahwa lomba ini diikuti oleh oleh Desa Wisata yang telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip Community Based Tourism (CBT) dan telah diseleksi  oleh Kementrian Pariwisata RI terdapat 13 desa wisata dari 6 propinsi yang masuk penilaian selanjutnya. Untuk DIY ada 3 desa wisata yaitu

  • Desa Wisata Wukirsari, Imogiri, Bantul
  • Desa Wisata Pulesari, Sleman
  • Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul.

 

Acara dilanjutkan presentasi oleh pengelola Desa Wisata Wukirsari, Giriloyo, Imogiri dalam hal ini diwakili oleh Bapak Nur Ahmadi. Beberapa hal yang disampaikan dalam presentasi yaitu sejarah, potensi, paket-paket, pengelolaan dan bentuk kerjasama dengan pihak-pihak lain.

 

Setelah presentasi dilanjutkan diskusi atau tanya jawab oleh juri. Setelah diskusi tanya jawab dilanjutkan peninjauan salah satu homestay.