Berita

FESTIVAL KETHOPRAK KAB. BANTUL

Selasa Pon, 20 September 2016 08:54 WIB 914

foto

Menurut Wikipedia, Ketoprak adalah sejenis seni pentas drama tradisional yang diyakini berasal dari Surakarta dan berkembang pesat di Yogyakarta, oleh karena itu kesenian ini sering disebut sebagai Ketoprak Mataram.

Pada awal mulanya, ketoprak menggunakan iringan lesung (tempat menumbuk padi) yang dipukul secara berirama sebagai pembuka, iringan saat pergantian adegan, dan penutup pertunjukan sehingga terkenal disebut sebagai Ketoprak Lesung. Dalam perkembangannya, Ketoprak kemudian menggunakan iringan gamelan jawa, dan penggarapan cerita maupun iringan yang lebih rumit.

Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. Biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa, meski juga ada cerita fiksi. Banyak pula diambil cerita dari atau berseting luar negeri (yang terkenal adalah cerita sampek engtay). Tetapi tema cerita tidak pernah diambil dari repertoar cerita epos (wiracarita): Ramayana dan Mahabharata.

Ketoprak merupakan peninggalan budaya yang perlu dilestarikan. Upaya untuk melestarikan adalah dengan menyelengarakan festival. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bantul akan menyelenggarakan Festival Ketoprak antar grup se kecamatan di Kab. Bantul. Jadwal festival ketoprak sbb :

Selasa, 27 September 2016 di Balai Desa Trimulyo, Jetis akan tampil Kecamatan Jetis, Dlingo, dan Pundong.

Rabu, 28 September 2016 di Balai Desa Sitimulyo Piyungan akan tampil Kecamatan Piyungan, Pleret, Bantul, dan Banguntapan

Kamis, 29 September 2016 di Balai Desa Murtigading Sanden akan tampil Kecamatan Sanden, Bambanglipuro, Srandakan, dan Kretek.

Jumat, 30 September 2016 di Balai Desa Bangunjiwo Kasihan akan tampil Kecamatan  Kasihan, Sedayu, Pajangan, dan Sewon.

Sabtu, 1 Oktober 2016 di Pendopo Kecamatan Pandak akan tampil Kecamatan Imogiri dan Pandak.

Semua agenda ini akan dimulai jam 19.00 WIB. Adapun yang akan bertindak sebagai dewan juri adalah Drs. Suharyoso Mhum, Dra. Kinting Handoko MSn, Totok Suryo Gupito SPd, Murjono, dan Slamet HS.