Berita

Rapat Koordinasi “Pembekalan Pra-Suvey Analisis Data Pasar Wisata Buatan”

Kamis Legi, 17 Maret 2016 06:26 WIB 941

Kegiatan rapat koordinasi Pembekalan Pra-Survey Analisis Data Pasar Wisata Buatan ini dilaksanakan oleh Asdep Analisis Data Pasar Pariwisata Nusantara (ADP2N) Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara, Kemetrian Pariwisata Republik Indonesia.

 

Rapat koordinasi dibuka oleh Asisten Deputi Analisis Data Pasar Pariwisata Nusantara (ADP2N) ibu Francisca Nina Soemitro. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan analisis pasar ini sangat diperlukan sebagai bahan penyusunan program kerja kegiatan di sektor pariwisata. Hal ini sangat mendesak karena sesuai dengan nama kabinet sekarang ini yaitu kabinet kerja, sehingga kecepatan dan keakuratan data sangat penting, salah satunya adalah terkait dengan data wisatawan nusantara. Beliau juga menyampaikan pengarahan dengan menampilkan materi terkait dengan visi, misi, tupoksi deputi termasuk asisten deputi analisis data pasar pariwisata nusantara.

 

Menurut ketua penyelenggara Bapak Harmanto (Bidang Analisis Data Pasar Wisata Buatan) mengatakan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan mulai tanggal 16 -18 Maret 2016 bertempat di Hotel Harris & Coventions, Malang yang diikuti oleh perwakilan dari 17 Dinas Pariwisata Propinsi, perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten/kota dan pengelola DTW buatan. Beberapa narasumber dan materi yang akan diberikan kepada peserta rapat koordinasi ini antara lain :

  • Gambaran Data Wisnus dan Metode Survey (BPS)
  • Hasil Survey Pengumpulan Data Pasar Wisata Buatan 2015 dan Tanggapan dari Pengelola DTW oleh Tim Peneliti STP Bandung.
  • Persiapan dan Panduan Survey Pengumpulan Data Pasar Wisata Buatan oleh Tim Peneliti STP Bandung.
  • Simulasi Penyebaran Kuesioner oleh Tim Peneliti STP Bandung
  • Evaluasi Survey Pengumpulan Data Pasar Wisata Buatan oleh Tim Peneliti STP Bandung.

 

Disela-sela acara ditampilkan beberapa tarian diantaranya adalah tari “Topeng Batang”.