Berita

HUTAN PINUS MANGUNAN

Senin Legi, 1 Februari 2016 11:22 WIB 944

foto

Hutan Pinus Manguann merupakan bagian dari bagian Resort Pengelolaan Hutan ( RPH ) Mangunan. Hutan ini ditumbuhi pinus merkusii. Perjalanan menuju kesini bisa dilewati melalui Imogiri ke arah Dlingo, sesampai di pertigaan Balai Desa Mangunan ambil jalur kekiri. Sekitar 3 km sampailah ke Hutan Pinus Mangunan. Jalur lain yang bisa ditempuh adalah melewati Jl. Jogja Wonosari, sesampai di pertigaan Patuk, silakan belok ke kanan mengikuti petunjuk, sekitar 12 km perjalanan anda akan sampai.

Awalnya lahan seluas sekitar 500 ha di kawasan Mangunan ini merupakan lahan tandus yang kemudian direboisasi dengan tanaman pinus, akasia, kayu putih, dll. Kemudian karena kesejukan alamnya, hutan yang banyak ditumbuhi pinus ini dikembangkan menjadi destinasi wisata. Banyak pasangan memakainya untuk area foto prewedding.  Ada juga kelompok tertentu yang menggunakannya untuk pertemuan dengan lesehan diatas tikar. Ada juga yang menggunakannya sebagai tempay untuk outbound atau camping. Keberadaan sumber mata air Bengkung juga menarik perhatian para wisatawan. Untuk menempuhnya bisa melewati jalur trekking outbound Watu Abang atau jalan melingkar menaiki sepeda atau motor.

Suasana sejuk kesegaran udara bisa dinikmati di dalam hammock yang terajut diantara 2 batang pinus. Syimphoni yang terbentuk dari gesekan daun pinus yang tertiup angin menjadi musik nan indah didengar dan membawa ke dalam khayalan.

Untuk informasi tentang Hutan Pinus Mangunan silakan menghubungi Purwo di 0818 0411 7711 atau Suratman di 0878 3902 6441.