Berita

BLANGKON RAKSASA DADI DAYA TARIK UTAMA GREBEG SELARONG 2015

Senin Kliwon, 2 November 2015 11:58 WIB 778

foto

Blangkon adalah salah satu perangkat / piranti busana Jawa khusunya DIY dan Jawa Tengah yang merupakan peninggalan nenek moyang. Di sekitar Goa Selarong,Guwosari,Pajangan ada kelompok pengrajin blangkon. 

Dalam rangka Hari Jadi Desa Guwosari ke-69 dan Grebeg Selarong ke-9, blangkon dijadikan daya tarik utama. Panitia berusaha untuk membuat blangkon raksasa yang akan menjadi rekor dunia sebagai blangkon terbesar di dunia. Riyadi selaku pengrajin yang mengerjakan blangkon ini mengatakan "blangkon raksasa ini berukuran panjang sekitar 7m, tinggi 4m, lebar sekitar 5,6m, keliling sekitar 17,4m. Menghabiskan sekitar 167 m kain hitam dan 40 lembar kain jarik". "Dana yang dihabiskan untuk membuat blangkon ini berkisar Rp. 5,8 juta" imbuh Riyadi.

Panitia hari jadi Desa Guwosari ke - 69 dan Gerebeg Selarong ke - 9 mengatakan bahwa ikon blangkon dipakai sebagai wujud keistimewaan DIY. Juga berharap bisa menjadi daya tarik utama Obyek Wisata Goa Selarong sehingga bisa makin ramai dikunjungi wisatawan.