Berita

ADA "SINGA DAN NAGA" DI PARANGTRITIS

Senin Pahing, 22 Juni 2015 07:59 WIB 1174

foto

Sabtu, 20 Juni 2015 dalam suasana kesederhanaan dilangsungkan Perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis tepatnya berlokasi di sebelah timur Pos Induk SAR Parangtritis. Selain  Bupati Bantul, Sri Suryawidati,hadir  juga tokoh-tokoh Tionghoa yang ada di Jogja.

Perayaan Peh Cun kali ini dilaksanakan dalam suasana kesederhanaan karena bersamaan dan untuk menghormati saudara-saudari yang menjalani ibadah puasa. Perayanan kali ini diawali dengan ritual persembahyangan yang dipimpin oleh pemuka agama dilanjutkan dengan penampilan Lion Barongsay dari Perkumpulan Hoo Hap Hwee Yogyakarta. Atraksi ini menarik perhatian umat dan pengunjung Pantai Parangtiritis. Yang menarik adalah keterlibatan para perempuan dalam memainkan lion yang tidak kalah dengan para lelaki.  

Pada kesempatan ini beberapa warga Tionghoa, pengunjung, termasuk Bupati Bantul mencoba untuk mendirikan telur di alas datar. Diyakini bahwa pada tanggal 5 bulan 5 Tahun Imlek daya tarik matahari dan bumi sangat besar sehingga mampu membuat berdiri telur mentah. setelah mencoba beberapa kali akhirnya Bupati Bantul berhasil mendirikan 3 buah telur di atas meja.