Berita

FESTIVAL UPACARA ADAT

Kamis Pahing, 28 Mei 2015 07:38 WIB 1337

foto

FESTIVAL UPACARA ADAT

Upacara adat seperti merti dusun, bersih desa, jodhangan, pisungsung jaladri, mitoni, dll merupakan  peninggalan adiluhur nenek moyang. Di Kabupaten Bantul terdapat puluhan bahkan ratusan jenis upacara adat. Untuk nguri-uri  atau melestarikan upacara adat ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul akan mengadakan kegiatan Festival Upacara Adat.  “ Upacara adat yang diwariskan kepada kita merupakan ungkapan hubungan manusia dengan Yang Esa yaitu ungkapan terima kasih atas rejeki anugerah yang telah kita terima “ ungkap Drs. Bambang Legowo, MSi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bantul.       “ Selain itu juga merupakan permohonan keselamatan, kesehatan, kerukunan, dan kesejahteraan untuk masa yang akan datang “ lanjut beliau.  

Festival Upacara Adat ini akan digelar antar kecamatan se Kabupaten Bantul dengan agenda sbb :

  • Senin, 8 Juni 2015 bertempat di Balai Desa Tamantirto, Kasihan mulai jam 13.00 WIB akan tampil kelompok dari Kecamatan : Sedayu, Kasihan, Pajangan, Srandakan, Pandak,dan Sanden.

 

  • Selasa, 9 Juni 2015 bertempat di Lapangan Desa Mulyodadi, Bambanglipuro mulai jam 13.00 WIB akan tampil kelompok dari Kecamatan : Kretek, Pundong, Bambanglipuro, Bantul, dan Sewon.

 

  • Rabu, 10 Juni 2015 bertempat di  Lapangan Desa Pleret, Pleret mulai jam 13.00 WIB akan tampil kelompok dari Kecamatan : Dlingo, Piyungan, Banguntapan, Pleret, Imogiri, dan Jetis.