Berita

FESTIVAL JATHILAN ANTAR KECAMATAN SE KAB. BANTUL

Senin Wage, 25 Mei 2015 08:08 WIB 1665

FESTIVAL  JATHILAN

ANTAR GRUP KECAMATAN SE KABUPATEN BANTUL 2015

 

Jathilan adalah kesenian yang bertema cerita panji. Cerita ini menggambarkan prajurit yang berlatih perang. Ada 2 tokoh pamomong yang digambarkan dalam wujud tokoh jenaka Pentul dan Bejer.

“ Jathilan adalah salah satu kesenian warisan nenek moyang dan kita wajib melestarikannya “ demikian kata Drs. Bambang Legowo, M Si. , Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bantul.  “ Dalam rangka melestarikan dan member wadah dan tempat berkreasi seniman Bantul, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul akan menyelenggarakan “ Festival Antar Kecamatan se Kabupaten Bantul 2015 “ lanjut beliau.

Kegiatan festival ini akan digelar di Area Relokasi Parangtritis Baru pada Sabtu-Minggu, 30-31 Mei 2015 mulai jam 08.00 WIB. “ Festival jathilan ini akan diikuti 17 grup yang mewakili masing-masing kecamatan se Kabupaten Bantul “ imbuh Indriyati Sulistyorini, SH selaku Kabid SODTW Disbudpar Kab. Bantul.          “ Persyaratan untuk mengikuti festival ini adalah belum pernah juara di tingkat kabupaten atau provinsi dan didukung seniman local “ lanjut Indriyati.

Dalam festival ini, masing-masing grup akan menampilkan kesenian Jathilan Klasik yang telah digarap dan tidak meninggalkan unsure dan esensi dari kesenian tersebut. Syarat yang lain dalam festival kali ini adalah setiap grup beranggotakan maksimal 35 orang, penari minimal 3 pasang, ada penari pentul dan tembem, dan ada thethek melek ( gendruwo ). Masing-masing grup bisa menambahkan unsur  lain asal masih berorientasi dengan nafas esensi seni jathilan klasik. Musik  menggunakan iringan langsung  dengan alat musik baku yaitu : bende, angklung, kendang, kecer, dan boleh ditambah dengan instrument lain yang bernuansa dan rasa Jawa. Tidak boleh menggunakan alat musik drum, organ, cimbal, dan tamtam.

Kriteria penilaian untuk menentukan juara adalah kreatifitas, wiraga, mirama, wirasa, dan kekompakan. Dewan pengamat adalah seniman yang memiliki kemampuan dibidangnya dan akan memilih juara I – juara harapan III, dagelan terbaik, dan thethek melek terbaik.