Berita

JAGUAR SERBU BANTUL

Selasa Wage, 31 Maret 2015 07:37 WIB 1024

foto

Selasa, 24 Maret 2015 ratusan Jaguar menyerbu Bantul. Bukan jaguar sebangsa harimau tetapi Jogja Tourist Guide Rider, sebuah wadah penghobi dari Himpunan Pramuwisata Indonesia ( HPI ) DPD DIY. Setelah kabupaten Kulonprogo dan GUnungkidul, giliran Kabupaten Bantul yang dirambah para Jaguar. Kegiatan yang bertajuk " Tour De mBantul " ini bertujuan untuk semakin mengenalkan potensi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bantul.

Jam 07.15 para Jaguarist memulai perjalanan Tour De mBantul dari XT Square Jogja menuju Desa Wisata Krebet. setelah sekitar 1 jam menempuh perjalanan sampailah rombongan di DW Krebet. Selama 30 menit mereka diberi kesempatan untuk melihat-lihat aktivitas pembuatan batik kayu.

Selanjutnya perjalanan diteruskan menuju Desa Wisata Lopati, Trimurti, Srandakan dengan memakan waktu sekitar 1 jam. Sesampai di DW Lopati, rombongan Jaguar disambut dengan Sholawatan dan Petilan Reyog Wayang Orang oleh warga setempat. Selain itu warga juga menyuguhkan berbagai kuliner yang ada di DW Lopati seperti mie lethek, bakpia, jamu, produk olahan susu, tahu, jamur krispi, dll.  Para Jaguarist antusias menikmati suguhan tari dan tidak lupa membeli berbagai kuliner untuk oleh-oleh. di DW Lopati para Jaguarist juga melihat proses pembuatan mie lethek. Proses pembuatan ini merupakan "highlight" karena sungguh unik. Prosesnya tidak mengunakan tenaga otomatis tetapi menggunakan tenaga sapi.

Dari DW Lopati, para Jaguarist melanjutkan Tour De mBantul menuju DW Kedungmiri, Sriharjo, Imogiri dengan menyusuri JJLS melewati Pantai Pandansimo-Baru-Kuwaru-Goa Cemara dan Samas. Juga menyusur ngarai antara sungai dan bukit di daerah Siluk, Imogiri, Di DW Kedungmiri, rombongan melepas lelah sambil menikmati makanan kecil khas setempat dan kesejukan alamnya. Lalu perjalanan dilanjutkan ke DW Wukirsari untuk ishoma dan menikmati kerajinan batik.

Tour De mBantul berpuncak di Pasar Seni Gabusan dengan launching Tourist Information Centre ( TIC ) yang ada di komplek ini. Launching dilakukan oleh Wakil Bupati Bantul, Drs. Soemarno PRS. Acara ditutup dengan joged dan bersenandung bersama diiringi elektone tunggal.