Berita

Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tingkat DIY Tahun 2015

Rabu Wage, 11 Maret 2015 11:00 WIB 1443

Lomba kelompok sadar wisata (Pokdarwis) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas pariwisata DIY setiap tahunnya yang melibatkan seluruh Pokdarwis yang ada di DIY. Jadwal penilaian lomba Pokdarwis ini dilaksanakan pada tanggal 9 – 14 Maret 2015. Kabupaten Bantul mendapatkan giliran pada hari kedua yaitu dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 10 Maret 2015. Pokdarwis yang mewakili Kabupaten Bantul pada lomba Pokdarwis tahun ini adalah Pokdarwis Goa Cemara, Gadingsari, Sanden, Pokdarwis Tambak Tegal Agung, Kebonagung, Imogiri dan Pokdarwis, Wukirsari, Imogiri.

 

Berikut beberapa informasi terkait dengan pelaksanaan penilaian lomba Pokdarwis tingkat DIY di Kabupaten Bantul :

Pokdarwis Goa Cemara, Gadingsari, Sanden.

  1. Rombongan tim juri tiba di Pokdarwis Goa Cemara, disambut oleh pengurus Pokdarwis, Muspika, dan  Dinas Kebudayaan & Pariwisata Bantul (kepala seksi kemitraan usaha didampingi staf). Tim juri terdiri dari 5 (lima) unsur yaitu Dinas Pariwisata DIY (Bpk. Haris), Media Massa (Bpk. Octo – KR), Praktisi (Bpk. Joko Kuntoro- ASITA), Forkom Pokdarwis DIY (Bpk. Sigit) dan Akademisi (Bpk. Hery-Puspar UGM).
  2. Acara dimulai dengan sambutan-sambutan :
  • Sambutan dari tuan rumah yang diwaikili oleh kasi kesra kelurahan Gadingsari, Kec. Sanden.
  • Sambutan dari Kecamatan Sanden dalam kesempatan ini diwaikili oleh sekretaris camat (Bpk. Rudy).
  • Sambutan dari ketua tim juri bapak Haris, menyampaikan terkait kegiatan Lomba Pokdarwis Tingkat DIY tahun 2015 ini akan mengambil 6 besar dari 15 kelompok yang ikut.  Prosentase penilaiannnya terdiri dari : 30 % administrasi, 40 % verifikasi, 10 % penampilan dan 20 % final. Dalam acara grand final akan diadakan cerdas cermat dengan pertanyaan kehormatan dari masing-masing kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kab./kota di DIY.

Setelah acara sambutan-sambutan selesai acara dilanjutkan presentasi oleh pengurus Pokdarwis Goa Cemara dan tanya jawab oleh tim juri.

Pokdarwis Tambak Tegal Agung, Kebonagung, Imogiri.

  1. Rombongan tim juri tiba di Pokdarwis Kebonagung, disambut oleh pengurus Pokdarwis, Muspika, dan  Dinas Kebudayaan & Pariwisata Bantul (kepala seksi kemitraan usaha didampingi staf). Rombongan di terima di Sekretariat Pokdarwis Tambak Tegal Agung, Kebonagung, Imogiri.
  2. Acara dilanjutkan verifikasi oleh tim juri terhadap profile Pokdarwis yang telah disampaikan kepada tim juri.

Pokdarwis Wukirsari, Imogiri.

  1. Rombongan tim juri tiba di Pokdarwis Wukirsari disambut oleh pengurus Pokdarwis, Kelurahan, dan  Dinas Kebudayaan & Pariwisata Bantul (kepala seksi kemitraan usaha didampingi staf). Rombongan di terima di Gazebo, Wukirsari, Imogiri.
  2. Setelah acara seremonial selesai langsung dilanjutkan presentasi oleh pengurus Pokdarwis Wukirsari, Bpk. Nur ahmadi dan dilanjutkan verifikasi oleh tim juri.

Di akhir acara ada informasi penting yang disampaikan oleh Bapak Haris dari Dinas Pariwisata DIY adalah

  • Grand Final Lomba Pokdarwis Tingkat DIY tahun 2015 akan dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2015 bertempat di Pantai Goa Cemara, Gadingsari, Sanden.
  • Terkait dengan nama Pokdarwis diharapkan jangan menggunakan nama dusun/desa agar tidak menimbulkan kerancuan dengan nama desa wisata.