Berita

Kunjungan Kerja LPKN Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta

Senin Pahing, 2 Februari 2015 09:22 WIB 1296

Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Bantul menerima kunjungan dari LPKN Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta pada hari Kamis tanggal 29 Januari 2015. Pada kesempatan ini rombongan diterima oleh kepala bidang pemasaran & kemitraan (Drs. Walkodri, M.Si)  di damping kepala seksi budaya & kesenian (Riswantara, SIP).

 

Menurut ketua LPKN Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, Drs. Macariyus Sudartomo, M. Hum, menyampaikan maksud kedatangannya yaitu rencana kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Beliau didampingi 6 orang staf (putra putri).

 

Beberapa hal disampaikan oleh Drs. Walkodri, M.Si pada saat menanggapi kunjungan tersebut antara lain :

 

  1. Dengan adanya UU Keistimewaan DIY nomer : 12/2013 maka pemberian, fasilitasi, pemberdayaan komponen, eksponen lokal wisdom, kearifan lokal mulai menggeliat. Kesadaran tersebut merata di 17 Kecamatan, 75 Desa, 933 Pedukuhan. Baik itu seni tradisional seni modern, bergerak linear sesuai filosofi Yogyakarta. Ada garis sumbu imajiner dan sumbu filosofi mataram jawa. Yang tercermin dari Hamemayu Hayuning Bawana untuk dipedomani bersama.
  2. Kabupaten Bantul ada 38 Desa Wisata (buatan dan alam) ada goa, ada wisata pantai, air terjun,  kebun buah, batik, pisau, keris, gerabah dan masih banyak lagi. Sedangkan desa budaya ada 17. Ada kawasan heritage kotagede (Kutho Gedhe), kawasan heritage Imogiri, kawasan industri Piyungan, kawasan industri Sedayu, ada pula KAJIGELEM (Kasongan, Jipangan, Gendeng, Lemah Dadi). Ada kawasan GMT (Gabusan, Manding, Tembi). (Walkodri)