Berita

Pertemuan Forum Komunikasi (Forkom) Desa Wisata DIY

Senin Legi, 12 Januari 2015 09:12 WIB 1499

A. Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Bapak Aris. Sambutan pengarahannya  menyatakan bahwa POKDARWIS adalah patriot-patriot pembangung berbasis Desa Wisata. Kegiatan-kegiatanya ternyata pembangunan kepariwisataan (DW)  lebih mulia dibidang pemberdayaan masyarakat agar mandiri dan kreatif.

B. Pengarahan Direktur Pemasaran dan Kemitraan Pariwisata RI, mengandung beberapa hal pokok di era Presiden Jokowi. Secara kelembagaan nantinya akan ada DEPUTI dalam negri  dan DEPUTI luar negri. Sementara cantolanya kegiatan tersebut (DW) dan POKDARIWIS dipastikan ada dalam struktur baru kementrian Pariwisata RI sebab pada prinsipnya struktur baru telah disetujui oleh MENPAN RI. Tegasnya mentri tidak punya visi misi, kecuali ikut visi misi presiden RI, Bapak Jokowi.

C. Berikutnya perkenalan sekertaris dinas yang baru ( bapak Rose Sutikno, SH., MM ) beliau mohon dukungan sebab merasa memang benar-benar baru pengabdian diranah kepariwisataan resminya dilantik oleh Gubernur DIY per 29 Desember 2014.

D. Sementara Kabid. Pengembangan Kapasitas Dispar DIY, telah memberikan dokumen-dokumen tentang capaian kinerja bidang tahun 2014 kepada bapak Tasbir, SH., M.Hum selaku orang kementrian pariwisata RI di Jakarta ( bahan masukan kegiatan dan program ). Beliau menyatakan dengan resmi 6 bulan kedepan siap pensiun dari PNS DIY.

E. Dialogis yang terjadi dalm forum tersebut disampaikan oleh masing-masing audiens peserta pertemuan diantaranya dari DW kabupaten Gunung Kidul, DW Kabupaten Sleman, DW Kabupan Bantul ( pak mantan lurah Kristya Bintara, S.Pd ) acara tersebut adalah gayung bersambut, sebab terasa saling isi mengisi, saling membutuhkan. Berarti harmonis. (Drs. Walkodri, M.Si)