Berita

Sarasehan Forkom Pokdarwis dan Pemilihan Pengurus Baru

Kamis Pon, 16 Oktober 2014 08:37 WIB 836

Sarasehan forkom Pokdarwis dilaksanakan pada hari Selasa (14/10) di Gazebo, Wukirsari, Imogiri. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin dilaksanakan Forkom Pokdarwis yang merupakan wadah untuk koordinasi dan komunikasi Pokdarwis, pada pertemuan ini diadakan pemilihan pengurus baru.

 

Susunan acara sarasehan Forkom Pokdarwis yaitu :

  • Pembukaan
  • Sambutan pertama oleh Sekretaris Kecamatan Imogiri Drs. Rudy. Dalam sambutannya  menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua peserta sarasehan dan menyampaikan potensi wisata yang ada di kecamatan Imogiri seperti tatahsungging, batik, kampung siluk, kampung kasur dll. Selain itu masih ada potensi kuliner yaitu wedhang uwuh, peyek, kripik, mete, sirup dll. Sekretaris kecamatan Imogiri berharap sermoga pertemuan ini dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah yang dihadapi dengan melakukan program yang terarah dan terpadu, terakhir beliau menyampaikan selamat bermusyawarah.
  • Sambutan kedua oleh kepala dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Bantul dalam hal ini diwakili oleh kepala bidang pemasaran & kemitraan Drs. Walkodri, M.Si. Sebelum menyampaikan sambutannnya Drs. Walkodri, M.Si mengajak semua tamu undangan yang hadir untuk mendoakan Bapak Ngadiono, salah satu anggota pokdarwis Puton yang telah meninggal pada hari Sabtu (11/10) dan juga mendoakan Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Kebudayaan & Pariwisata yang sedang sakit. Kemudian beliau menyampaikan ucapan selamat kepada pengelola Desa Wisata Wukirsari  yang telah mendapatkan Juara Harapan III tingkat Nasional beberapa waktu lalu di Bali.Terkait dengan sarasehan forkom Pokdarwis Drs. Walkodri berharap agar setelah terbentuknya kepengurusan baru langsung menyatukan gerak untuk penyusunan program dan dalam rangka menyambut dana keistimewaan.
  • Sambutan ketiga oleh ketua forkom Bapak Anton. Beliau menyampaikan  mengenai sejarah perkembangan forkom Pokdarwis dari tahun 2003 sampai 2014. Diawal berdirinya forkom memiliki anggota sekitar 14 pokdarwis dan sampai saat ini anggota Pokdarwis berkembang menjadi 36 Pokdarwis. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf karena selama kepemimpinannya belum semua program terlaksana. Kami berharap semoga setelah kepengurusan baru terbentuk akan dapat melanjutkan program-program yang belum terlaksana.
  • Sambutan dari Pengelola Desa Wisata Wukirsari Imogiri, selaku tuan rumah acara sarasehan forkom pokdarwis, yaitu Bapak Nur Ahmadi. Beliau menyampaikan sejarah dan perkembangan desa wisata Wukirsari dari awal hingga saat ini serta menyampaikan potensi yang dimiliki Desa Wisata Wukirsari.
  • Kegiatan sarasehan dilanjutkan acara inti yaitu pemilihan ketua dan penyusunan kepengurusan Forkom Pokdarwis yang baru. Acara pemilihan dipandu oleh kepala seksi kemitraan dan usaha, Ni Nyoman Yudiriani, SET. Dalam kesempatan ini kandidat yang maju dalam bursa pemilihan ketua Pokdarwis ada 5 orang yaitu : Nur Ahmadi dari Wukirsari, Imogiri, Suwandi dari Pantai Baru, Poncosari, Srandakan, Wahady dari Pantai Gua Cemara, Gadingsari, Sanden, Nur Taufik dari Santan, Guwosari,Pajangan, dan Fahlul Mukti, Mangunan, Dlingo

Setelah diadakan pemungutan suara, dari 29 surat suara yang sah maka terpilih menjadi ketua Forkom Pokdarwis yaitu Nur Ahmadi dengan perolehan 10 suara.

Berikut susunan pengurus inti Forkom Pokdarwis masa bakti 2014-2017 :

Ketua                       : Nur Ahmadi

Wakil Ketua           : Nur Taufik

Sekretaris I             : Fahlul Mukti

Sekretaris II           : Suwandi

Bendahara             : Wahadi

Diharapkan dengan terpilihnya kepengurusan yang baru, segera menyusun program kerja Forkom Pokdarwis.

  • Setelah acara pemilihan pengurus selesai dilanjutkan dengan diskusi dan ramah tamah dan ditutup dengan makan siang bersama dengan menu tradisional yaitu pecel dan lodeh serta wedhang uwuh.