Berita

FESTIVAL KETHOPRAK LESUNG

Rabu Wage, 17 September 2014 10:05 WIB 1588

FESTIVAL KETHOPRAK LESUNG

KABUPATEN BANTUL

 

RM. Hanung Kussudyarsana dalam SKH Kedaulatan Rakyat sekitar tahun 1980-an mengungkapkan bahwa kethoprak lesung adalah kesenian rakyat yang lahir sekitar akhir abad ke-18 di Yogyakarta bagian selatan atau wilayah Bantul. Kesenian ini berfungsi untuk hiburan pelepas lelah bagi para petani dan masih sangat sederhana baik instrumen -karena hanya terdiri dari lesung dan kenthongan- maupun pelakunya.

Kemudian kesenian ini berkembang sampai ke Sleman bagian timur dan sering ditampilkan di “pendapa” sehingga dikenal dengan “kethoprak pendapan”.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bantul berupaya mengenalkan dan melestarikan Kesenian Kethoprak Lesung ini dengan menyelenggarakan festival antar kecamatan se Kabupaten Bantul. Gelaran ini akan diselenggarakan dalam 3 hari dimulai jam 19.30 WIB, dimana jatah tampil setiap grup selama 20 menit.

Hari pertama akan diselenggarakan Sabtu, 20 September 2014 di Balai Desa Sendangsari, Pajangan dengan menampilkan perwakilan dari Kecamatan Sanden, Pajangan, Sedayu, Srandakan, Kasihan, dan Pandak.

Hari kedua diselenggarakan Senin, 22 September 2014 di Pendapa Kecamatan Pundong dengan tampilan dari Kecamatan   Sewon, Bantul, Bambanglipuro, Jetis, Kretek, dan Pundong.

Hari ketiga dihelat Rabu, 24 September 2014 di Balai Desa Sitimulya, Piyungan yang akan menampilkan wakil dari Kecamatan Piyungan, Banguntapan, Pleret, Dlingo, dan Imogiri.