Berita

Sosialisasi Pembentukan Pokdarwis Ngancar, Mangir, Sendangsari, Pajangan

Rabu Pahing, 10 September 2014 10:31 WIB 1225

Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat  dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Bantul dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pokdarwis maka Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Bantul pada hari Selasa (9/9) menghadiri sekaligus  menjadi narasumber dalam sosialisasi Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Ngancar, Mangir, Sendangsari, Pajangan dimulai pukul 14.00  wib sampai selesai.

 

Sosialisasi ini dihadiri oleh Lurah Sendangsari, Irwan Susanto, ST, dukuh Mangir Lor, dosen pembimbing lapangan Stipram, mahasiswa Stipram, mahasiswa UMY dan Disbudpar Bantul. Pada kesempatan ini Disbudpar Bantul diwakili oleh Kepala Seksi Kemitraan Usaha, Ni Nyoman Yudiriani, SET didampingi staf (Dionysius WK).

 

Dalam sambutannya lurah Sendangsari, Irwan Susanto, ST, menyampaikan  beberapa potensi yang dimiliki yaitu : Gejog Lesung, Reog dan sudah pernah ada tamu dari Bali. Kami berharap ada kerjasama lintas sektoral untuk sarana prasarana serta bimbingan teknis tetang peningkatan sumber daya manusia melalui pembentukan Pokdarwis, imbuhnya.

 

Acara dilanjutkan presentasi dengan materi Pembentukan Pokdarwis, oleh ibu  Ni Nyoman Yudiriani, SET selaku kepala seksi kemitraan usaha. Beberapa materi yang disampaikan terkait dengan kelembagaan Pokdarwis, yang disesuaikan dengan pedoman dari Menparekraf  serta profil Pokdarwis.

 

Setelah selesai presentasi dilanjutkan dengan tanya jawab, ada beberapa pertanyaan yang muncul diantaranya :

  • Apakah struktur Pokdarwis sudah baku?
  • Apakah struktur organisasi pokdarwis sudah mencakup semua potensi?
  • Bagaimana mengemas produk supaya laku?

 

Sebagai penutup Bapak Utarno sebagai kepala dukuh Mangir Lor menyampaikan beberapa hal yaitu semua potensi sudah ada cuma belum bisa menggarapnya mohon bimbingan dan doa restu semoga segera terwujud desa wisata.