Berita

Pelestarian Berbasis Pemberdayaan Masyarakat & Ekowisata

Jumat Wage, 4 Juli 2014 10:39 WIB 1270

foto
pelepasan tukik

Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Bantul pada hari Kamis (3/7) menghadiri pelepasan tukik penyu dan safari konservasi di Pantai Goa Cemara, Gadingsari, Sanden. Pada kesempatan ini diwakili oleh staf bidang Pemasaran & Kemitraan, Disbudpar (Dion, M. Purnomo Adi, & Agus).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kelautan & Perikanan Kab. Bantul  dalam rangka konservasi penyu dan langkah awal  untuk memperkenalkan eko wisata di Goa Cemara. Tema tahun ini adalah Save Our Turtles Pelestarian  Berbasis Pemberdayaan Masyarakat dan Ekowisata.

Menurut Feri dari PM3P kegiatan konservasi penyu sudah dilaksanakan sejak 2012, karena penyu termasuk hewan langka. Pada kesempatan ini akan dilepas sejumlah 20 ekor tukik. Sedangkan untuk mendukung kegiatan ini juga disampaikan mengenai  Mangrove di Baros oleh Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B).  Mangrove di Baros adalah hutan mangrove buatan diperkenalkan sejak 2003 oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada kemudian sekitar tahun 2006-2007 diteruskan oleh LSM Renung.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan donasi dari relawan konservasi  Universitas Sanata Dharma kepada kelompok konservasi penyu di Goa Cemara dan donasi dari relawan konservasi mahasiswa Kalimantan kepada kelompok konservasi Pantai Pelangi.