Berita

Human Story 2021; "Pahit Manis Jamu Gendong Kiringan"

Rabu Kliwon, 23 Juni 2021 09:39 WIB 30

foto

DISPAR, BANTUL – Event Human Story, bertema “Pahit Manis Jamu Gendong” di gelar Dinas Pariwisata Pemkab Bantul berkolaborasi dengan komunitas fotografer profesional di Desa Wisata Jamu Kiringan Kalurahan Canden Kapanewon Jetis, Sabtu (19/6/2021). Kegiatan yang melibatkan unsur pemerintah, komunitas fotografer, media massa, akademisi, Ikatan Duta Wisata Bantul (IDWB), Pengurus Asuhan Mandiri (ASMAN) Tanaman Obat Keluarga (TOGA), pelaku usaha jamu gendong dan masyarakat ini bertujuan untuk mengangkat kembali potensi Dusun Kiringan sebagai Desa Wisata Jamu warisan (asli) Kraton Ngayogyakarta.

Pemotretan dilakukan di tiga lokasi yang berbeda, yaitu di kawasan persawahan, kelompok kandang sapi dan rumah produksi jamu gendong Dusun Kiringan dengan model profesional, pedagang jamu dan warga masyarakat. Foto-foto hasil “jepretan” profesinal photografer ini selanjutnya akan digunakan sebagai media promosi pariwisata melalui berbagai media sosial seperti IG, FB, Twitter dan lain sebagainya dengan harapan pasca event ini akan mendongkrak kunjungan wisata di Desa Wisata ini seperti waktu sebelum pandemi covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul Kwintarto Heru Prabowo, S. Sos, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam pengembangan sektor pariwisata berbasis masyarakat melalui hexahelix model colaboration. Bliau berharap kegiatan serupa dapat diselenggarakan secara periodik, kolaboratif dan terukur sehingga memberikan manfaat kepada semua pihak. (BP)