Berita

Berikut Juara Lomba Homestay dan Desa Wisata Kategori Embrio

Senin Kliwon, 15 Maret 2021 13:36 WIB 45

foto

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengumumkan pemenang sekaligus penyerahan hadiah Lomba Homestay dan Desa Wisata kategori Embrio Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Bantul bertempat di kantor Dinas Pariwisata Bantul.   

Lomba dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 3 Maret 2021. Untuk lomba Homestay diselenggarakan pada tanggal 2 Maret, sedangkan lomba Desa Wisata kategori Embrio dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2021.  Juri  yang menilai lomba tersebut dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Media Kedaulatan Rakyat, Himpunan Pramuwisata Indonesia  (HPI) Bantul, Akademisi dari STIPRAM, PHRI  serta dari perwakilan Forkom Homestay/Desa Wisata Kabupaten Bantul.

Acara penyerahan hadiah tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo S.Sos dan Kepala Seksi Kelembagaan Bidang Pengembangan  Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Karman A.Md., dihadiri pula oleh  seluruh pemenang lomba Homestay dan Desa Wisata kategori Embrio tingkat Kabupaten Bantul.


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos., menyampaikan bahwa lomba tingkat Kabupaten Bantul ini lebih bersifat sebagai pembinaan yang nantinya untuk mendorong tertatanya destinasi wisata agar berdaya saing dan berkelanjutan. Kepala Dinas juga mengajak peran serta lembaga masyarakat untuk membangun dan meningkatan destinasi wisata di wilayahnya  agar dapat meningkatkan daya tarik bagi pengunjung meskipun sedang dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

Selanjutnya acara dirangkai dengan penyerahan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas. 

Daftar pemenang lomba homestay dan desa wisata kategori embrio adalah sebagai berikut :
Juara 1 Lomba Desa Wisata Kategori Embrio diraih oleh Desa Wisata Gunung Mijil Guwosari, Pajangan memperoleh uang pembinaan sebesar 5,5 juta rupiah, 
Juara 2 Desa Wisata kategori Embrio diraih oleh Desa Wisata Kajii Kadisoro, Gilangharjo,  Pandak memperoleh uang pembinaan 5 juta rupiah, 
Juara 3 Desa Wisata kategori Embrio diraih oleh Desa Wisata Blawong Satu Trimulyo Jetis memperoleh uang pembinaan 4 juta rupiah.
Juara 1 Lomba Homestay diraih oleh Homestay Sungsang Wukirsari memperoleh uang pembinaan sebesar 3,5 juta rupiah, Juara 2 Lomba Homestay diraih oleh Homestay Dewi Sri Krebet memperoleh uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah
Juara 3 Lomba Homestay diraih oleh Homestay Omah Regeng Ngringinan memperoleh uang pembinaan sebesar 2 juta rupiah.